Call: 0812-4586-3085. Anggaran Biaya Pembuatan Kitchen set di Makassar

 

Era dulu, dapur ditempatkan pada posisi bagian belakang dan dianggap sebagai ruangan yang kotor. Saat ini, justru dapur sudah naik level karena jadi ruang penting yang mendapat perhatian. Kadang kala, dapur menyatu dengan ruang makan sehingga menjadi ruang utama di dalam rumah.

Perubahan ini yang membuat penghuni rumah ingin punya dapur yang rapi, nyaman, elegan sekaligus fungsional. Cara gampangnya dengan membuat kitchen set. Tentu saja tak asal bikin karena harus disesuaikan dengan kemampuan financial, kebutuhan, sekaligus kondisi ruangan.

Lebih detailnya ada empat poin yang harus diperhitungkan sebelum menentukan biaya pembuatan kitchen set. Poin itu adalah:

Desain model
Desain di sini harus disesuaikan dengan kesukaan penghuni rumah. Akhir akhir ini yang menjadi trend model yang disukai adalah desain kitchen minimalis. Desain ini tak hanya menonjolkan kesan modern dan ruang dapur terasa luas tapi juga fungsional elegan.

namun sebelum menentukan pilihan model, ada baiknya sesuaikan desain kitchen set dengan tema konsep rumah. Karena tidak nyambung jika desain rumah bergaya artdeco tapi dapurnya minimalis?

Bahan Material
Banyak ragam material bahan dasar kitchen set. Lagi-lagi pemilihan ini soal selera dan juga ditentukan oleh kemampuan membiayai. Sedikitnya ada lima jenis material untuk kitchen set, yakni:

Material ini merupakan material dari kayu balokan hasil pembelahan batang pohon. Jadi bentuknya masih gelondongan atau batangan. Material ini sangat kuat, tahan air, tahan rayap, tapi harganya sangat mahal dan biaya pengolahannya juga tak murah.

Kayu lapis (Multipleks)

Mungkin istilah yang paling familiar material ini adalah tripleks. Ini adalah kayu lapis yang dibentuk dari lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Ukurannya pun beragam mulai dari ketebalan 3 milimeter sampai 18 milimeter. Makin tebal maka makin bagus kekuatannya.

Jenis ini paling banyak dipilih sebagai material kitchen set karena dinilai cukup kuat untuk dipasangi sekrup dan mudah dibentuk. Meski begitu permukaannya yang polos dan tanpa serat membuatnya harus dilapisi lagi agar terlihat lebih indah. Harganya sendiri tergantung dari ketebalan.

Block board

Ini adalah material potongan kayu kecil-kecil yang dipadatkan sehingga menyerupai papan. Prosesnya hampir mirip dengan tripleks tapi ditambahi pelapis benner di permukaannya. Kekuatannya tak seperti plywood karena terbuat dari kayu lunak dan harganya lebih murah.

Meski begitu, material ini cocok untuk kitchen set yang biasanya dijadikan sebagai daun pintu atau pun laci karena ringan dan tampilannya rapi.

Kayu MDF (medium density fibreboard)

Material ini terbuat dari serbuk kayu halus yang dipadatkan dengan bahan kimia resin dalam suhu yang tinggi. Bentuknya berupa papan ataupun lembaran yang siap dipotong sesuai dengan kebutuhan. Ada juga tipe HDF (High Density Fibreboard) yang lebih kuat dan padat dari MDF.

Particle board

Adalah material yang berasal dari campuran serbuk kayu, potongan kayu, atau pun serpihan kayu yang kemudian dipadatkan. Proses pembentukannya hampir mirip kayu MDF.

Kelemahan paling utama material ini adalah air. Sekali basah terkena air maka akan mudah rusak. Di samping itu material ini mudah melengkung bila kena beban berat. Kisaran harganya Rp 200 ribu per lembar.

Lantaran materialnya beragam, maka penggunaannya bisa dikombinasikan. Cuma dipastikan dulu area mana yang menggunakan kayu solid, mana yang triplek, dan mana yang MDF. Jangan sampai bagian stuktur menggunakan particle board yang terbilang ringkih.

Jenis-jenis  finishing
Ini adalah jurus mempercantik kitchen set sekaligus memperkuat bahan dasar dari kerusakan. Umumnya, bahan finishing ini ada beragam jenis seperti melamic, duco, deco sheet, dan HPL. Pemilihannya jelas tergantung selera dan isi dompet pula. Pastinya finishing melamic lebih mahal dari duco. Melamic digunakan jika menghendaki motif atau urat kayu, sedangkan duco untuk mendapatkan warna-warna yang solid.

Melamic digunakan sebagai bahan finishing jika kita menghendaki motif atau urat kayu dari material masih bisa terlihat dengan warna-warna yang kita sukai. Sedangkan duco digunakan jika kita menghendaki warna-warna yang solid atau block.

Ukuran kitchen set
Hitunglah luas ruang dapur yang akan ditempatkan kitchen set. Bentuk ruang sangat berpengaruh terhadap desain. Misalnya apakah ruang dapur berbentuk huruf L, U atau lain sebagainya.

Hitungan biaya bikin kitchen set
Setelah empat patokan itu sudah ditentukan barulah mengkalkulasikan harga per meter lari. Yang dimaksud harga per meter lari itu adalah satuan panjang total bidang terluar kitchen setnya lalu di kurangi lebar kedalamannya.

Yang dihitung adalah harga per meter lagi sebuah desain kitchen set hanya harga lemari cabinet dengan material yang dipilih plus pemasangan. Jadi itu belum termasuk peralatan memasak macam kompor, cookerhood, microwave, kulkas, dan lain sebagainya.
-Asumsi material multipleks kabinet atas Rp 2.2 juta/meter lari
-Asumsi kabinet multipeks kabinet bawah Rp 2.2 juta/meter lari
-Top granit Rp 1.5 ribu/meter lari.

Harga segitu sudah termasuk finishing, pemasangan handle dan engsel di daun pintu dan laci, pemasangan atau instalasi di tempat. Biasanya yang bagus akan memberikan garansi dalam kurung waktu tertentu.

Jadi seperti itu mengkalkulasi budget untuk pembuatan kitchen set di rumah kesayangan. Sekarang ini banyak kok jasa desain interior yang menawarkan pembuatan kitchen set.

Di sini keuntungannya karena bisa menjadi jadi perbandingan dari segi kualitas kerja dan harganya. Tak apa mahal sedikit asalkan hasilnya elegan dan ada garansinya. Selamat merenovasi dapurnya ya!

Jasa Interior Makassar. Kami menerima pesanan dari klien dan kemudian mengunjugi untuk mendiskusikan tentang desain dan bajet biaya yang disanggupi oleh pihak klien. Langkah selanjutnya kami akan melakukan survei lokasi di alamat tempat klien berada, untuk mengetahui ukuran ruangan dan selanjutnya mendesain konsep yang diingikan oleh pihak klien kami. Jika desain sudah disetujui maka kami langsung melaksanakan pengerjaan interiornya sampai diantarkan ke alamat klien, lengkap pemasangan di ruangan yang telah disiapkan.

Jasa Interior Makassar akan membantu memenuhi kebutuhan interior furniture anda. Meliputi, pembuatan kitchen set, bedroo set, lemari, partisi ruang, nakas, wardrobe, backdrobe, meja dan lain-lainnya. Untuk info lengkapnya hubungi kami. Workshop: Jl Tamanggapa Raya No. 235 Makassar.
Yuk ngobrol, cara tepat menghubungi kami adalah di-

makassar.furniture@gmail.com Atau,

Call/WA: 0812 4586 3085

Semoga Bermanfaat.

 

 

One thought on “Call: 0812-4586-3085. Anggaran Biaya Pembuatan Kitchen set di Makassar

Leave a comment